Sosial Media dan Teknologi-Teknologi Pendukung

Nama                                      : I Gusti Ngurah Agung Trisna Putra
NIM                                        : 1705552012
Jurusan/Fakultas/Universitas  : Teknologi Informasi/Teknik/Udayana
Mata Kuliah                            : Aplikasi Sosial Media
Dosen                                      : I Putu Agus Eka Pratama, ST., MT.


Sosial media adalah suatu media yang digunakan seseorang untuk berinteraksi, membagikan sesuatu secara online menggunakan aplikasi. Disamping itu juga pada aplikasi sosial media ini tidak lepas dengan teknologi - teknologi pendukung yang ada dibalik aplikasi nya itu yaitu seperti:
  • Hardware
  • Software
  • Sistem/Sistem Komputer
  • Jaringan Komputer
  • Sistem Operasi
  • Keamanan Sistem
Berikut adalah penjelasan teknologi – teknologi pendukung aplikasi social media:

1. Jaringan Komputer
Jaringan komputer adalah jaringan telekomunikasi yang memungkinkan antar komputer untuk saling berkomunikasi dengan bertukar data. Pada jaringan computer terdapat bagian – bagiannya berupa.
  • Internet adalah Jaringan komputer yang saling terhubung satu sama lain.
  • Cloud Computing adalah kombinasi pemanfaatan teknologi komputer dengan pengembangan berbasis internet.
  • Internet of Things adalah konsep dasar yang menghubungkan perangkat apapun satu sama lain.
  • Software Define Network merupakan arsitektur jaringan yang bekerja dibawah kendali software sebagai kontrol utama.
  • Komputasi Pararel adalah salah satu teknik melakukan komputasi secara bersamaan dengan memanfaatkan beberapa komputer independen secara bersamaan.
2) Software
Software adalah istilah khusus untuk data yang diformat, dan disimpan secara digital, termasuk program komputer, dokumentasinya, dan berbagai informasi yang bisa dibaca, dan ditulis oleh komputer. Dengan kata lain, bagian sistem komputer yang tidak berwujud. Pada software terdapat bagian – bagiannya yaitu:
  • Bahasa pemrograman yaitu Bahasa atau instruksi yang digunakan untuk mebuat suatu program.
  • Library/Pustaka adalah kumpulan bahan-bahan dari beberapa materi.
  • IDE (Integrated Development Enviromen) adalah software yang memberikan fasilitas dalam komputer.
  • Algoritma adalah suatu langkah – langkah untuk memecahkan masalah secara berurutan.
  • Database/DBMS adalah suatu wadah untuk menyimpan informasi secara sistematik yang dapat dicek melalui suatu program.
3. Keamanan Sistem
Keamanan system merupakan sebuah upaya yang dilakukan untuk mengamankan kinerja dan proses komputer. Di dalam keamanan system ini terdapat bagian – bagiannya yaitu:
  • Firewall adalah perangkat yang mengatur hak akses terhadap jaringan.
  • Cloud computing (terutama IASS).
  • Instrusion Detection System (IDS) adalah sistem yang mengawasi jaringan – jaringan.
  • Software Define Network (SDN) merupakan arsitektur jaringan yang bekerja dibawah kendali software sebagai kontrol utama.
  • Enskripsi, SSL (Security Socket Layer) adalah lapisan keaman sebuah situs.
4. Hardware
Pengertian Hardware adalah komponen pada komputer yang dapat terlihat dan disentuh secara fisik. Jadi, rupa secara fisik dari komputer dapat kita sebut sebagai Hardware atau Perangkat Keras. Pada hardware terdapat bagian – bagiannya yaitu:
  • Firewall yaitu sistem keamanan jaringan komputer yang digunakan untuk melindungi komputer dari beberapa jenis serangan dari komputer luar.
  • Data Center yaitu suatu fasilitas yang digunakan untuk menempatkan sistem komputer dan komponen-komponen terkaitnya, seperti sistem telekomunikasi dan penyimpanan data.
  • Sensor yaitu alat untuk mendeteksi suatu kegiatan yang dilakukan.
Daftar Pustaka

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengalaman Menggunakan Sosial Media

Tutorial Install Xampp Di Linux Ubuntu

Sosial Media dan Komunitas