Social Media Landscape 2017

Nama                                      : I Gusti Ngurah Agung Trisna Putra
NIM                                        : 1705552012
Jurusan/Fakultas/Universitas  : Teknologi Informasi/Teknik/Udayana
Mata Kuliah                            : Aplikasi Sosial Media
Dosen                                      : I Putu Agus Eka Pratama, ST., MT.

Media sosial adalah sebuah media online, dengan para penggunanya bisa dengan mudah berpartisipasi, berbagi, dan menciptakan isi meliputi blog, jejaring sosial, wiki, forum dan dunia virtual. sumber: wikipedia


Dari yang saya amati ada banyak sosial media yang bertahan dan berkembang dengan pesat, namun ada juga yang tidak bertahan lama karena tidak mengikuti fitur-fitur terbaru yang dibutuhkan pengguna. berikut social media landscape 2017



source: fredcavazza.net/panorama-ms-20171.jpeg


FACEBOOK SELALU MENJADI YANG TERPOPULER
Berdasarkan landscape diatas, Facebook merupakan sosial media terpopuler yang pengguna aktifnya mencapai lebih dari 1 miliar. Facebook adalah sebuah layanan jejaring sosial berkantor pusat di Menlo Park, California, Amerika Serikat yang diluncurkan pada bulan Februari 2004.

GOOGLE DAN TWITTER MENJADI 2 PILAR UTAMA SOSIAL MEDIA LAINYA
Google merupakan perusahaan swasta yang berdiri pada tanggal 4 September 1998. Pernyataan misinya adalah "mengumpulkan informasi dunia dan membuatnya dapat diakses dan bermanfaat oleh semua orang".

Twitter adalah layanan jaringan sosial dan mikroblog yang memungkinkan penggunanya untuk mengirim dan membaca pesan berbasis teks, yang dikenal dengan sebutan kicauan atau tweet. Twitter didirikan pada bulan Maret 2006 oleh Jack Dorsey, dan situs jejaring sosialnya diluncurkan pada bulan Juli.

Dari sekian banyaknya sosial media yang ada, dapat dikelompokan menjadi beberapa jenis yaitu sebagai berikut:

1. Publishing
Publishing merupakan tempat kita untuk mempublikasikan suatu artikel atau blog, kita dapat menggunakan layanan seperti: blogger, wordpress, dan wikipedia
2. Sharing
Sharing adalah wadah untuk kita saling berbagi informasi berita, bahkan digunakan untuk media periklanan. contohnya: facebook, youtube, instagram
3. Messaging
Messaging merupakan salah satu kebutuhan pokok masyarakat untuk berkomunikasi dengan sesama, yang paling mudah dengan menggunakan mobile messaging seperti: whatsapp, bbm, line
4. Discussing
Discussing merupakan suatu media yang menyediakan layanan untuk mendiskusikan suatu hal yang viral atau sejenisnya secara online. contohnya: kaskus, disqus, muut

Dari banyaknya kegunaan sosial media tersebut, kita harus bisa memanfaatkannya dengan sebaik mungkin. karena jika digunakan dengan baik dan benar, kita bisa mendapatkan banyak ilmu, informasi, hiburan, bisnis jual beli dan lainya yang membantu kehidupan sosial kita.


Daftar Pustaka


-Materi Pertemuan Kedua tentang Sosial Media Landscape oleh Dosen : I Putu Agus Eka Pratama, ST., MT.
-https://fredcavazza.net/2016/04/23/social-media-landscape-2016/

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengalaman Menggunakan Sosial Media

Tutorial Install Xampp Di Linux Ubuntu

Sosial Media dan Komunitas